Laptop ASUS L510MA, Ramping dan Ringan!

Laptop Asus L510MA ini tampil dengan desain yang ramping, ringan, namun layarnya gede banget!. Dibekali dengan sistem operasi Windows 10S, ada beberapa kelebihan yang bisa kita nikmati melalui laptop yang ditujukan untuk kalangan pelajar dengan harga 5 jutaan ini. 'Rahasia dapur' apa yang bikin laptop ini sangat ringan dengan dimensi yang besar? Mari kita ulik satu persatu spesifikasinya.

Secara umum laptop Asus 510MA ini menggunakan prosesor Celeron N4020, RAM sebesar 4 GB, penyimpanan tipe eMMC sebesar 64GB, dan juga kartu grafis Intel HD 600. Spesifikasi yang terbilang low-end dengan kartu grafis onboard, penyimpanan yang kecil, serta prosesor Celeron. Namun jangan salah spesifikasi tersebut bisa beroperasi dengan sangat cepat karena menggunakan sistem operasi WIndows 10 S Mode yang sangat ringan.

Kelebihan pertama dari Asus L510MA ini adalah layarnya .Laptop ini tampil dengan layar yang sangat lebar menurut saya lebarnya mencapai 15,6 inci, namun desain bezel nya sangat tipis. Selain itu layar yang super besar tersebut ternyata bisa diputar sebesar 180 derajat. Nggak hanya itu saja, layarnya juga sudah bisa menampilkan resolusi full HD 1920 x 1280 piksel yang sangat jernih.

Kelebihan kedua dari ASUS L510MA ini adalah daya tahan baterainya. Mereka mengklaim bahwa laptop ini mampu bertahan hingga 10 jam. Hal ini tentu tak lepas dari penggunaan sistem operasinya yang menggunakan Windows 10 S Mode yang ringan, namun nggak banyak 'makan tempat'.

Kelebihan laptop ASUS L510MA selanjutnya adalah beratnya yang hanya 2,301 Pon atau hanya sekitar 1,1Kg saja/ Tentu ini sangat ringan sekali dan mudah dibawa tidak menyangka bukan dengan laptop dengan layar 15,6 inci namun beratnya hanya 1,1Kg. Hal ini tentunya disebabkan dengan ditiadakannya optical disc drive dan penyimpanan tanpa hard drive.

Di bagian sampingnya kita bisa menemukan port USB 2.0 port USB 3.2 port HDMI, Ethernet, dan lain-lain. Fitur lainnya cukup standar seperti webcam yang ada di atas kami di atas layar.

Lanjut di bagian keyboard-nya, ASUS L510MA ini memiliki numpad atau papan tombol yang terpisah, yaitu di bagian kanan, sehingga bagian kiri berisi tombol keyboard QWERTY, sedangkan bagian kanan berisi tombol numerik ini tentu sangat berguna Jika ingin menggunakan angka anda tidak perlu menekan kombinasi tombol shift atau tombol FN.

Kekurangan Laptop ASUS L510MA yang cukup kentara adalah dari sisi penyimpanannya yang sangat kecil, yaitu hanya 64GB. Sebenarnya cukup-cukup saja sih kalau Anda hanya membutuhkan laptop ini untuk keperluan tugas kantor/sekolah/kuliah saja. Namun lain halnya jika Anda suka menonton film atau berlangganan film, tentu storage ini sangat kurang sehingga Anda membutuhkan storage eksternal, bisa flash drive maupun hardisk eksternal.

Kelemahan laptop ASUS L510MA lainnya adalah sistem operasi yang menggunakan Windows 10 S Mode. Entah ini menjadi kelebihan atau kekurangan karena di satu sisi, jika kita menggunakan sistem operasi ini, performa laptop akan sangat ringan karena kita hanya diiizinkan menginstal aplikasi yang ada di Microsoft Store. Dari segi keamaan, kinerja, dan performa tentu lebih baik ketimbang Windows 10. Kekurangannya kita tidak bisa menginstal aplikasi third-party selain dari Microsoft Store.

Spesifikasi ASUS L510MA:


  • Prosesor Intel Celeron N4020
  • RAM 4GB
  • eMMC 64GB
  • Layar 15,6 inci
  • Sistem Operasi Windows 10 Home S Mode
  • Harga Baru Rp.5.145.000

Kelebihan ASUS L510MA:

  • Harga baru bersahabat
  • Desain ramping dan ringan (1,1Kg)
  • Layar lebar Full HD (15,6")
  • Daya tahan baterai sekitar 10 jam

Kekurangan ASUS L510MA:

  • Spesifikasi kelas low-end
  • Penyimpanan kecil
  • Storage eMMC

Tidak ada komentar untuk "Laptop ASUS L510MA, Ramping dan Ringan!"