laptop asus vivobook k503fa

ASUS VivoBook K403FA : RAM Cuma 4GB Dijual 8 Juta?

ASUS VivoBook K403FA adalah notebook harga 8 jutaan yang hadir dengan spesifikasi ‘standar’ namun dengan berbagai keunggulan yang membuatnya istimewa.

laptop asus vivobook k403fa
ASUS VivoBook K403FA | asus.com

Diatas kertas, ASUS VivoBook K403FA memang ‘hanya’ menggunakan prosesor Intel Core i3 yang notabene merupakan seri terendah dalam kasta i-series. Namun apa yang membuat performanya cukup bagus? Hal tersebut tak lepas dari penggunaan media penyimpanan SSD yang berkali-kali lebih cepat dari hardisk cakram.

Kelebihan ASUS VivoBook K403FA yang juga jarang Anda temukan pada notebook lain dengan harga setara adalah adanya fitur keamanan fingerprint yang jarang Saya temukan pada produk kompetitor yang dirilis dibawah harga 10 juta.

Keunggulan ASUS VivoBook K403FA lainnya adalah layarnya yang berukuran 14″ yang sangat jernih karena sudah mengadaptasi full HD dengan teknologi LED.

Satu hal yang menarik disini adalah ia ‘hanya’ menggunakan kartu grafis onboard. Bukan NVidia, Bukan ATi, tapi Intel UHD 620! Apa yang bisa dilakukan oleh kartu grafis onboard? Banyak guys. Anda masih bisa memainkan game Fortnite dan FIFA 19 dengan lancar asal menggunakan setting low agar fps tetap terjaga.

Kekurangan ASUS VivoBook K403FA yang juga ada pada beberapa tipe laptop ASUS lainnya adalah ia tidak menyertakan slot RAM kosong sehingga menyulitkan saat akan melakukan upgrade. Untuk saat ini, kapasitas RAM 4GB tergolong cukup untuk Windows 10 dan aplikasi standar. Namun untuk beberapa tahun kedepan, who knows?

Kelemahan lain ASUS VivoBook K403FA yang mungkin dirasa mengganggu bagi sebagian pengguna adalah ia tidak dilengkapi dengan drive optik sehingga mengharuskan Anda untuk membawa drive optik eksternal jika ingin memindah data dari atau ke laptop via CD/DVD. Namun, rupanya tidak disertakannya drive optik ini mampu mengurangi berat laptop secara signifikan, yaitu cuma 1,3 Kg saja.

Kesimpulan

Itulah beberapa hal yang bisa Anda pertimbangkan sebelum membeli ASUS VivoBook K403FA. Secara keseluruhan, Saya merekomendasikan ASUS VivoBook K403FA kepada Anda karena dibalik kekurangannya, banyak kelebihan yang bisa Anda dapatkan, salah satunya adalah disertakannya port USB 3.1 alias Type C yang memungkinkan transfer data yang lebih cepat.

ASUS VivoBook K403FA EB301T
Prosesor Intel Core i3  2,1GHz (TurboBoost3,9GHz)
Memory 4GB DDR3
Sistem Operasi Windows 10 Home x64
Penyimpanan  512GB SSD
Kartu Grafis Intel UHD Graphics 620
Layar  14” Full HD with LED Backlight (1920 x 1080)
Berat 1,3 Kg
Harga Rp. 8.099.000

Kelebihan ASUS VivoBook K403FA

  • Media simpan SSD
  • Terinstal Windows 10 Original
  • Layar full HD teknologi LED
  • Dilengkapi keamanan fingerprint

Kekurangan ASUS VivoBook K403FA

  • RAM sulit diupgrade
  • Tidak dilengkapi drive optik