hard drive

Cara Defrag Harddisk Windows 10 Menggunakan Optimize Drives

Sebagai teknisi komputer yang hampir setiap hari berkutat dengan troubleshooting Windows, saya sering melakukan proses defrag pada harddisk komputer/laptop client saat client mengeluh komputernya lambat. Defragment harddisk sendiri menjadi jurus pamungkas pada komputer yang sudah bersih dari virus, namun performanya masih lemot pol-polan.

hard drive
Hard Drive | Image via Pixabay.com

Namun cara defrag harddisk di Windows 10 ini berbeda dengan Windows sebelumnya karena menggunakan optimize drives. Bagi yang sering menggunakan aplikasi defragmenter Windows 10 tapi belum ngeh apa sih defrag itu, mari saya jelaskan.

Defrag atau disebut juga defragment hard drive adalah proses menata kembali file-file Windows yang berserakan atau tidak beraturan posisinya agar kecepatan akses menjadi lebih cepat sehingga diharapkan kinerja Windows mengalami peningkatan.

Ibarat rak buku yang berantakan dan tidak berurutan posisinya, kita pasti akan kesulitan saat mencari buku yang diinginkan, bukan?

Nah, komputer juga demikian. Performa komputer akan melambat saat ia kesulitan untuk menemukan file yang dibutuhkan karena posisi file-file yang berantakan. Untuk itulah, kita perlu melakukan defrag harddisk kita secara berkala untuk menjaga performa harddisk.

Cara defrag harddisk di Windows 10, sedikit berbeda dengan disk defragmenter yang biasa kita gunakan pada versi Windows lama. Namun, cara menggunakannya semakin dipermudah dan simpel. untuk lama tidaknya proses defragmenting ini, tergantung seberapa berantakan file dalam harddisk, kapasitas harddisk, dan juga spesifikasi komputer secara keseluruhan.

Cara Defrag Hard Drive Windows 10 Menggunakan Optimize Drives

  1. Klik Start menu dan ketik Optimize Drivesdefragment and optimize drives-lewat start menu windows 10
  2. Klik Defragment & Optimize Drives pada hasil pencarianmenu utama defragment and optimize drives windows 10
  3. Klik drive yang akan di defragproses analisa drive defragment and optimize drives windows 10
  4. Klik Analyze untuk mengetahui berapa persen file di drive tersebut yang terfragmentasi (perlu di defrag)hasil analisa fragmentasi harddisk windows 10
  5. Jika hasil analisa drive menunjukkan nilai lebih dari 10%, lakukan defrag drive tersebut dengan cara klik tombol Optimize (Jika fragmentasi drive kurang dari 10%, maka defrag tak harus dilakukan)proses defrag harddisk windows 10
  6. Tunggu hingga selesai atau fragmentasi drive menunjukkan 0%defrag harddisk wndows 10 selesai

Nah, mudah bukan cara melakukan defragment di Windows 10 ini? Setelah melakukan defrag harddisk, maka bisa dipastikan komputer anda akan mengalami peningkatan performa. Perbedaan paling terasa adalah saat kamu membuka dan melakukan exploring file-file di harddisk kamu.

Well, apakah komputer/laptop kamu masih lambat setelah melakukan defrag tadi? Mari kita diskusikan penyebab dan solusinya bersama-sama dengan cara menulis komentar dibawah ya guys.