tampilan homepage youtube

Cara Mengatasi Laptop Sering Hang Saat Buka YouTube dan Memutar Video

Pasti sebel banget kan pas lagi enak-enak memutar video di YouTube, eh tiba-tiba laptop langsung hang, macet sampai-sampai mouse gak bisa digerakkan sama sekali, pencet-pencet tombol keyboard malah nggak respon sama sekali? Atau pas lagi muter film kesayangan, pas adegan seru-serunya, komputer macet. Pasti plonga-plongo kan? Hahaha, semua itu juga pernah aku alami guys.

tampilan homepage youtube
Tampilan Homepage Youtube | Image via pexels.com

Nah, aku sebagai teknisi komputer profesional (gile songong banget, wkwkwk), aku menemukan beberapa solusi yang bisa kamu atas masalah komputer sering hang saat dipakai buka YouTube atau saat memutar video. Nah, berikut kawan, tiga penyebab yang sering menjadi kambing hitam kenapa laptop sering macet pas dipakai youtube.

  1. Driver VGA Rusak/Korup/Tidak Cocok. Apakah driver VGA untuk laptop kamu sudah sesuai dengan hardware? Belum pernah nge-cek? Tenang, gampang banget ngeceknya Contoh kasus nih ya, di kompi aku pakai Windows 7. Tapi hampir semua versi Windows tempatnya hampir sama. Caranya? Gampang banget, ikuti gambar dibawah ini.
    Klik kanan Computer – Pilih Properties

     

    Pilih menu Device Manager

     

    Pilih menu Display Adapter

    Nah, jika tampilan display adapter-nya kayak dibawah ini, maka dipastikan laptop kamu sering hang saat YouTube-an karena driver vga yang bermasalah. Maka solusinya harus update driver. Caranya? Akan aku bahas pada artikel selanjutnya. Selesai update driver, maka aku yakin 99% laptop kalian tidak akan crash lagi saat memutar video kesayangan.

    Driver VGA masih bawaan Windows

     

    Driver VGA belum diinstall

     

    Driver VGA belum diinstall

     

    Driver VGA sudah terinstall (hanya mencantumkan merk dan tipe VGA)

     

  2. Sistem Operasi Bermasalah. Nah, jika driver VGA kalian baik-baik saja, maka ada kemungkinan sistem operasi kalian yang rusak. Bisa disebabkan oleh virus, file sistem yang korup, ataupun malware. Aku pernah punya pengalaman dari keluhan user yang mengeluh komputernya sering macet tiap berapa menit dipakai YouTube, nonton film juga, layarnya freeze gitu dan nggak bisa menggerakkan cursor. Lalu aku instal ulang, eh masalah selesai. Jika kalian memakai Windows, Linux, ataupun sistem operasi lainnya, maka ada baiknya untuk mencoba opsi instal ulang. Eitss, backup dahulu data-data kalian ya sebelum diinstall ulang, terutama yang ada di My Documents.
  3. Harddisk Bad Sector. Nah, kalau yang satu ini ya angkat tangan deh. Eh, nggak juga sih kalau kalian memiliki latar pendidikan di bidang komputer seperti aku(songong lagi), mengganti harddisk adalah hal yang mudah. Namun jika kamu awam sama sekali dengan hardware, maka mau nggak mau ya harus membawa laptop kamu ke tempat servis terdekat untuk penggantian harddisk. Masalah pada harddisk ini sering disebut sebagai bad sector (atau ada bagian fisik dari piringan harddisk yang rusak). Kerusakan ini kadang ada tandanya, kadang juga tidak. Biasanya sih, komputer mulai lemot pas dipakai, harddisk mulai bunyi tek-tek, kretek-kretek, pokoknya jadi berisik nggak kayak biasanya.

Kalau harddisk bad sector itu menurut pengalaman aku, nggak hanya hang pas dipakai YouTube-an aja, tapi juga sewaktu-waktu komputer bisa mati sendiri, meskipun itu pas dipakai buka Microsoft Word aja yang sebenarnya termasuk aplikasi yang super duper ringan.

Namun, sebelum memutuskan untuk mengganti harddisk, ada baiknya untuk melakukan pengecekan bad sector ini terlebih dahulu. Nggak perlu bongkar, cukup memakai aplikasi HD Sentinel. Kalian bisa mendownload aplikasinya secara gratis (trial) melalui link download dibawah ini.