ram usable windows tidak terbaca penuh

Cara Mengatasi RAM Usable Windows 32-bit dan 64-bit Tidak Terbaca Semua

Apakah PC Windows kamu mulai lemot dan butuh RAM tambahan dengan harapan performa Windows menjadi lebih cepat? Selesai pasang RAM, ritual selanjutnya dilakukan, yaitu klik kanan Computer, klik properties. Oh no, RAM Usable kok cuma segini sih? Perasaan baru aja upgrade memory deh. Alih-alih untuk mendapatkan performa yang diinginkan, RAM baru yang terpasang malah tidak terbaca secara penuh.

ram usable windows tidak terbaca penuh
RAM Tidak Terbaca Penuh

RAM baru kamu tidak terdeteksi karena rusak? Eits, jangan buru-buru men-judge ya. Yuk coba tips dibawah ini. Nggak sampai 5 menit kok. Siapa tahu untuk menambah kapasitas RAM agar sesuai ekspektasi itu cuma settingnya saja yang harus dirubah.

Sebelum itu, yuk kita lihat beberapa penyebab RAM tidak terbaca semua atau penuh di Windows kamu.

RAM Tidak Terbaca Penuh karena Terpakai oleh VGA Onboard

Jika brand/merk display adapter kamu adalah Intel, Maka dipastikan jumlah RAM yang terdeteksi dipotong oleh display adapter atau istilahnya VGA onboard. Kok bisa gitu? Itu karena VGA onboard tidak memilih RAM sendiri sehingga mengurangi kapasitas RAM Windows. Solusinya: tambah lagi kapasitas RAM sesuai kebutuhan jika dirasa Windows masih lambat.

VGA Onboard Merk Intel

Jika display adapter kamu adalah NVidia atau ATi, berarti RAM tidak terpotong oleh VGA karena dua merk chip VGA tersebut sudah memiliki RAM sendiri. Trus sebagian RAM nggak kebaca penyebabnya apa dong? Mungkin karena ini guys:

Usable RAM Tidak Terbaca Semua Karena Windows Masih 32-Bit

Nah, kalau yang ini dikarenakan Windows kamu masih versi 32-bit dan belum 64-bit. Apa itu 32-bit? Yaitu versi Windows yang hanya mampu mendeteksi RAM maksimal 3 GB saja. So pasti, jika kamu upgrade RAM menjadi 4 GB, maka 1 GB tidak akan dideteksi oleh Windows. Solusinya? Install ulang Windows menjadi 64-bit.

Windows 32-bit

Windows sudah 64-bit, VGA juga sudah punya RAM sendiri, tapi kok tetap saja RAM tidak terbaca penuh di Windows. Nih, coba jurus yang satu ini guys.

Cara Mengatasi RAM Usable Windows Dengan Msconfig

  1. Buka menu Windows, ketik msconfig.
  2. Pilih msconfig.exe pada hasil pencarian.

    tampilan menu msconfig
    Tampilan Menu Msconfig
  3. Klik tab Boot pada bagian atas.
  4. Klik Advanced Options.
  5. Beri centang pada Maximum memory, isikan jumlah RAM sesuai RAM yang terpasang di komputer kamu.

    tampilan menu boot msconfig
    Tampilan Menu Boot Msconfig
  6. Klik OK.

Semua solusi sudah dicoba tapi tetap kapasitas RAM Usable tidak bertambah setelah ditambah RAM baru? Nah, kalau menurut pengalaman saya, saya yakin 90% jika itu adalah hardware-nya yang bermasalah, yaitu RAM yang kamu pasang. Solusinya: bisa menukar RAM tersebut dengan yang baru jika masih garansi. For your information guys, beberapa merk RAM berani memberikan garansi lifetime untuk produknya, dua diantaranya adalah V-Gen dan Kingston.