laptop asus x200ma

Kelebihan dan Kekurangan ASUS X200MA, Laptop SSD 3 Jutaan

Laptop ASUS X200MA adalah sebuah notebook yang berukuran mini dan mudah dibawa-bawa karena dimensi yang mungil dan bobot yang ringan. Fisik laptop ASUS X200MA ini juga memanjakan pengguna dengan mobilitas tinggi, seperti mahasiswa dan juga pekerja lapangan. Karena dengan dimensi dan bobot yang ringan, tentu hal ini tidak akan merepotkan pengguna.

laptop asus x200ma
Laptop ASUS X200MA | asus.com

Harga laptop ASUS X200MA pun cukup terjangkau, yaitu sekitar 3 jutaan. Namun dengan harga yang ‘murah’ tersebut, fitur apa saja sih yang bisa didapatkan oleh pengguna? Berikut plus minus laptop ASUS X200MA.

Kelebihan Laptop ASUS X200MA

  1. Harddisk Tipe SSD. Seperti yang kita tahu, eksistensi harddisk tipe piringan kini mulai tergeser oleh SSD (Solid State Disk) yang mampu menyajikan kecepatan transfer berkali-kali lipat dibandingkan harddisk konvensional. Kabar baiknya, dengan dana 3 Jutaan, kita sudah mendapatkan sebuah notebook ASUS X200MA dengan SSD sebesar 500GB sebagai media simpannya.
  2. Layar IPS LCD. Layar teknologi IPS mampu menyajikan gambar yang terang, jernih, dan tajam jika dilihat dari berbagai sisi sudut pandang. Sebuah kelebihan untuk laptop seharga 3 Jutaan karena melalui layar yang ‘hanya’ sebesar 11,6 inchi, laptop ASUS X200MA akan memanjakan mata penggunanya dengan kualitas visual super jernih.
  3. Kamera Webcam HD. Jarang sekali saya temui resolusi webcam laptop yang sudah mengadopsi kualitas HD. Paling-paling ya apa adanya. Hal ini cukup beralasan, karena semakin bagus kualitas gambar, maka koneksi yang cepat juga dibutuhkan agar tidak terjadi lag saat video call. Namun, di era koneksi internet 5G sekarang ini, maka video call dengan kualitas HD tentu tak jadi masalah. Salah satu kelebihan laptop ASUS X200MA adalah dengan hadirnya teknologi HD pada webcam-nya sehingga menguntungkan pengguna yang sering melakukan video call. Dijamin gambarnya nggak buram deh.
  4. Bobot Ringan dan Desain Ramping. Kelebihan notebook ASUS X200MA selanjutnya adalah enteng. Ya, kamu nggak akan terlalu terbebani saat membawa laptop ini karena beratnya hanya 1,2 kg. Ringan banget nggak tuh? Desainnya juga Ramping banget, dengan dimensi yang hanya 30.2 x 20 x 2.56 cm. cocok untuk dibawa kemanapun.
  5. Harga Bersahabat. Soal harga, ada pepatah ada harga ada rupa. Memang harga 3 Jutaan ya jangan ngarep teknologi terbaru kan? Tapi dengan 4 kelebihan diatas tadi, saya rasa laptop ASUS X200MA worth it lah untuk dipertimbangkan.

Kekurangan Laptop ASUS X200MA

  1. RAM Tidak Bisa Ditambah. Nah, ini yang cukup disayangkan ternyata. Kekurangan laptop ASUS X200MA yang paling utama adalah tidak punya slot ekspansi jika kita ingin menambah RAM. Apalagi kebutuhan aplikasi dan sistem operasi sekarang ini notabene membutuhkan memory yang besar. Memory yang disematkan ‘hanya’ 2GB, yang menurut saya, masih cukup lah untuk kebutuhan office. Tapi berbeda halnya jika anda terbiasa untuk menggunakan laptop secara multitasking.
  2. Prosesor Masih Celeron. Entah ini termasuk kekurangan atau bukan. Namun, menurut saya, rasa-rasanya di tahun 2018 ini, kok processor Celeron rasanya agak kurang greget ya. Apalagi jika sistem operasi yang kamu pilih adalah Windows 10, wuih kerasa banget. Sepengalaman saya, performa Windows 10 yang diinstall di laptop dengan processor Celeron, nggak begitu bagus. Namun, semoga saja, tidak semua merk laptop bisa disamaratakan. Oh iya, laptop ASUS X200MA ini hadir dalam 2 tipe, yaitu yang menggunakan Intel Dual Core Celeron N2840, dan Pentium Quad Core N3540. Saran saya, silahkan pilih yang menggunakan prosesor Pentium Quad Core N3540 karena performanya lebih bagus dibandingkan prosesor Intel Dual Core Celeron N2840.
  3. VGA Masih Onboard. Laptop ini nggak bisa dipakai buat desain grafis. Pokoknya jangan. Kekurangan laptop ASUS X200MA selanjutnya adalah kartu grafis yang digunakan masih onboard yang notabene mengambil memory dari RAM. Nah, dengan RAM yang ‘cuma’ 2 GB dan dikurangi alokasi untuk RAM VGA onboard, hmm jangan coba-coba untuk membuka aplikasi desain macam Corel, Adobe Premiere, dan kawan-kawan ya guys. Tapi kembali lagi ke pepatah awal, ada harga ada rupa. Laptop 3 jutaan, nggak mungkin lah dapet kartu grafis NVidia atau ATi,

Spesifikasi Laptop ASUS X200MA

[su_table responsive=”yes”]

Prosesor Intel® Bay Trail-M Dual Core Celeron N2840 2.58 GHz
Intel® Pentium® Quad-Core N3540
Dimensi 30.2 x 20 x 2.56 cm
Berat 1,2 Kg
RAM 2 GB
Penyimpanan SSD 500 GB
Kartu Grafis Intel® HD Graphics
Layar 11,6” IPS LCD
Sistem Operasi DOS
Baterai 3Cells 3300 mAh 33 Whrs
Harga Rp 3.099.000,- (Intel® Pentium® Quad-Core N3540)
Rp 3.899.000,- (Intel® Bay Trail-M Dual Core Celeron N2840 2.58 GHz)

[/su_table]