registry editing has been disabled by your administrator windows 10

Cara Membuka Regedit Windows 10 yang Terkunci

Regedit adalah singkatan dari Registry Editor yang merupakan salah satu aplikasi Windows yang berisi pengaturan Windows, hardware, dan software pihak ketiga dalam bentuk binari yang tersusun secara hirarki.

registry editing has been disabled by your administrator windows 10

Regedit berfungsi untuk mengubah dan menghapus registry oleh pengguna yang ingin melakukan kostumasi pada komputernya. Microsoft masih menyertakan Registry Editor dalam sistem operasi Windows 10.

Registry Editor ibarat salah satu bagian otak dalam Windows karena berisi banyak perintah konfigurasi. Keberadaan Regedit pada Windows 10 tidak luput dari kejahilan virus, spyware, malware, dan aplikasi jahat perusak lainnya.

Virus-virus tersebut membuat value di dalam Registry Editor dan selanjutnya menguncinya agar tidak bisa dibuka oleh user dan administrator. Tujuannya jelas, agar pengguna Windows 10 tidak bisa menghapus value yang dibuat oleh virus.

Praktis, pengguna Windows 10 akan disuguhi kotak pesan berisi “registry editing has been disabled by your administrator” setiap mencoba untuk membuka Registry Editor.

Regedit pada Windows 10 yang terkunci masih bisa dibuka kembali dengan beberapa cara. Ini memerlukan beberapa langkah. Tingkat kesulitan membuka kembali Regedit yang terkunci ini berbeda-beda. Tergantung cara virus tersebut menguncinya. Namun, cara membuka Regedit di Windows 10 dibawah ini sudah saya praktikan dan berhasil.

Trik Mengaktifkan Registry Editor di Windows 10 dengan gpedit.msc

  1. Tekan tombol kombinasi Windows+R untuk membuka menu Runaplikasi run windows 10
  2. Ketik gpedit.msc. klik OK
  3. Masuk Administrative Templates – System pada hirarki bagian kirisetting akses regedit melalui gpedit msc windows 10
  4. Dobel klik pada setting Prevent Access to Registry Editing Tools pada bagian kanankonfigurasi akses regedit melalui gpedit msc windows 10
  5. Pilh Disabled pada menu konfigurasi. Klik OK

Trik Mengaktifkan Registry Editor di Windows 10 dengan Menambahkan DWORD Value

  1. Tekan tombol kombinasi Windows+R untuk membuka menu Run
  2. Masukkan DWORD value berikut ini pada kotak Run
    REG add HKCU\Software\Microsoft\Windows\CurrentVersion\Policies\System /v DisableRegistryTools /t REG_DWORD /d 0 /fregistry dword value melalui run windows 10
  3. Klik OK

Registry Editor di Windows 10 komputer Anda masih tidak bisa dibuka? Memang, ada beberapa kemungkinan lain yang menyebabkan Registry Editor sulit dibuka. Namun bukan mustahil untuk mengaktifkannya kembali.

Silahkan menulis komentar di kolom dibawah jika Anda belum berhasil dengan trik diatas tadi. saya jawab menjawab pertanyaan Anda sesuai dengan pengalaman saya.