Cara Mengatasi FPS Laptop yang Drop dengan 4 Langkah

Kok laptopku jadi nge-lag ya pas main game? Perasaan kemarin FPS-nya nggak drop gini deh. Kok gambarnya jadi patah-patah alias nggak stabil? Mungkinkah VGA-nya sudah drop gara-gara dipakai main game non-stop atau jor-joran nonton film resolusi tinggi? Sebaiknya jangan buru-buru memvonis seperti itu sebelum mencoba solusi berikut ini.

Berdasarkan pengalaman saya memperbaiki laptop, FPS yang drop pada laptop disebabkan oleh 4 hal. Jarang sekali saya temui kerusakan hardware selama sistem operasinya tampil di layar.

Nah, mungkin saja, kamu hanya perlu mencoba salah satu dari solusi berikut ini untuk mengembalikan FPS laptop kamu seperti semula. Monggo disimak guys.

1. Update Driver VGA


Driver VGA bisa saja korup, atau bisa saja sudah waktunya update. Pengalaman saya beberapa kali memperbaiki laptop yang kecepatan gambar-nya tidak stabil biasanya saat memutar film resolusi tinggi. FPS yang tampil di layar sangat rendah seperti driver VGA yang belum diinstall.

Akhirnya, saya uninstall dahulu driver VGA di laptop, kemudian install lagi driver di laptop tersebut sesuai merk-nya, beres. FPS kembali stabil. Namun ada juga kasus yang mengharuskan kamu download driver VGA versi terbaru.

Jika VGA laptop kamu merk nvidia, bisa menuju kesini. Jika VGA laptop kamu merk ATi, kamu bisa menuju kesini. Setelah mencoba solusi diatas tadi, apakah FPS laptop kamu masih naik turun? Oke, kita coba solusi nomor 2.

2. Update Versi DirectX


DirectX merupakan penghubung antara hardware dan sistem operasi selain driver yang berisi sekumpulan API yang berisi instruksi kepada Windows.

Jika Directx yang terinstall di dalam laptop kamu sudah terlalu lawas, biasanya FPS yang tampil tidak akan berjalan dengan stabil atau cenderung naik turun.

Dalam beberapa kasus, game bahkan tidak bisa dibuka sama sekali.
Untuk itu, silahkan cek versi DirectX laptop kamu. Saya menyarankan untuk menggunakan Directx 11 yang bisa kamu unduh secara gratis disini.

3. Temperatur Panas


Nah, suhu hardware di dalam laptop ini juga sangat mempengaruhi kecepatan FPS. Jika laptop kamu kepanasan, bisa dipastikan kinerja juga akan menurun.

Untuk itu, kamu membutuhkan aplikasi pemantau temperatur, salah satu yang pernah saya pakai adalah HWMONITOR, yang tentu saja bisa kamu unduh secara gratis disini. Atau bisa juga memantau suhu hardware lewat BIOS.

Fungsinya adalah untuk memantau suhu hardware.
Jika suhu terpantau melebihi temperatur normal, maka harus segera diusahakan untuk melakukan pengecekan hardware oleh teknisi komputer.

4. Virus


Kinerja Windows tak lepas dari banyaknya aplikasi yang berjalan. Sudahkah laptop kamu bersih dari virus? Sebaiknya cek dahulu performa prosesor, RAM, dan hard drive lewat Task Manager untuk mengetahui seberapa berat pekerjaan hardware di dalam laptop kamu.

Jika ketiga perangkat itu dalam keadaan bekerja 100% saat komputer dalam posisi desktop tanpa membuka aplikasi apapun, maka bisa dipastikan FPS game yang kamu mainkan atau video yang kamu putar juga tidak akan stabil.

Selain itu, virus juga bisa menyebabkan driver VGA korup. Driver adalah perangkat lunak yang krusial karena menjadi penghubung antara hardware dengan sistem operasi.

Jika driver VGA laptop kamu sudah tidak sempurna, maka dijamin kecepatan dan kualitas grafis yang dikorbankan, tidak hanya FPS game yang drop, namun juga saat memutar video.

Punya pengalaman lain dalam mengatasi kecepatan frame yang tidak stabil di laptop/komputer kamu? Silahkan bagi pengalaman kalian lewat komentar.