jendela task manager windows

Cara Mengatasi Task Manager Windows 10 yang Tidak Bisa Dibuka

Task Manager masih menjadi salah satu fitur wajib sistem operasi Windows hingga sekarang, termasuk Windows 10. Task Manager menjadi fitur yang pertama kali diakses saat komputer stuck, macet, hang, dan layar hanya memunculkan kursor tanpa gambar.

jendela task manager windows

Namun kadang, ada saja beberapa jenis virus usil yang menyembunyikan atau melakukan disable Task Manager sehingga tidak bisa dibuka atau diakses dengan mudah.

Kenapa sejak Windows lawas sampai Windows 10 yang terbaru, Task Manager yang menjadi target operasi virus yang paling utama? Karena lewat Task Manager, pengguna bisa membuka/me-restart aplikasi, memantau proses yang sedang berjalan/running, membackup data, termasuk membunuh proses virus yang sedang berjalan. Sehingga Task Manager yang tidak bisa dibuka dijamin membuat user atau teknisi sekalipun harus lebih memutar otak.

Nah, jika kamu sedang menggunakan Windows 10 di komputer kamu dan kesulitan membuka Task Manager, maka beberapa solusi membuka kembali akses Task Manager yang pernah saya coba pada komputer dengan sistem operasi Windows 10 berikut ini semoga bisa diterapkan dan berfungsi di komputer Anda.

1. Mengunakan Fitur Security & Maintenance

Cara mengaktifkan kembali Task Manager yang pertama sekaligus yang termudah adalah dengan menggunakan fitur Maintenance Windows 10. Fitur ini memungkinkan komputer untuk melakukan scanning otomatis kerusakan pada Windows dan memperbaikinya secara otomatis pula.

  • Cara Menggunakan Fitur Security & Maintenance pada Windows 10
  1. Buka Start menu Windows, ketik maintenancesecurity and maintenance di start menu
  2. Pilih Security & Maintenance pada hasil pencarian
  3. Klik Start Maintenance untuk memulai scanning error Windows secara otomatismenu utama security and maintenance windows 10

2. Menggunakan Fitur System Restore

Cara memunculkan kembali Task Manager Windows 10 yang kedua sedikit rumit, yaitu menggunakan System Restore. Namun, untuk menggunakannya pengguna diharuskan untuk membuat Restore Point terlebih dahulu.
Restore Point ini biasanya saya buat berkala saat menurut saya Windows dalam keadaan ‘aman’ dan ‘bersih’ untuk sekedar jaga-jaga jika di kemudian hari komputer mengalami kerusakan Windows.

Nah, bagi Anda yang sudah membuat restore point sebelumnya silahkan skip cara pembuatan Restore Point di Windows 10 dibawah ini dan langsung menuju ke cara penggunaan System Restore Windows 10.

  • Cara Membuat Restore Point di Windows 10
  1. Buka Start menu, ketik Restorefitur create a restore point di start menu
  2. Pilih Create a Restore Point pada hasil pencarian
  3. Anda akan dihadapkan pada menu utama fitur System Protectionmenu utama system protection windows 10
  4. Pilih drive yang akan dibuatkan Restore Point. Kemudian klik Create
  5. Ketik nama Restore Point, klik OK
  • Cara Menggunakan Fitur System Restore di Windows 10
  1. Buka menu utama fitur System Protection
  2. Klik menu System Restore
  3. Klik Next pada menu utama System Restorefitur system restore windows 10
  4. Pilih nama Restore Point yang sudah Anda buat sebelumnyarestore windows 10 dengan restore point yang sudah ada
  5. Klik Next dan komputer Anda akan mulai melakukan system restoring

 

3. Menggunakan Fitur Remove Task Manager Windows 10

Cara mengatasi Task Manager yang tidak bisa diakses yang ketiga adalah dengan cara menggunakan fitur Remove Task Manager yang tersimpan pada Local Group Policy Editor Windows 10. Caranya sangat mudah, yaitu:

  1. Tekan tombol kombinasi keyboard Windows+R untuk menuju menu Runmenu run windows
  2. Ketik gpedit.msc. klik OK
  3. Pada menu utama fitur Local Group Policy Editor, lihat bagian kiri pada menu hirarki dan masuk ke menu User Configuration->Administrative Templates->System->Ctrl+Alt+Del Optionsfitur remove task manager di gpedi.msc windows 10
  4. Pada sub menu bagian kanan, dobel klik fitur Remove Task Managerdisable fitur remove task manager windows 10
  5. Beri cek pada radio button Disabled, kemudian klik OK

Apakah dengan mengikuti 4 langkah diatas Anda sudah bisa membuka Task Manager kembali di Windows 10 Anda? Jika masih belum juga bisa diakses, maka mari kita diskusikan bersama lewat kolom komentar.