gambar-fanart windows 10

Update Windows 10 Oktober (Ver 1809) Bikin Data Hilang!

gambar-fanart windows 10
Image via pixabay.com

Apakah kamu pengguna Windows 10 yang menggunakan fitur update otomatis? Well, sebaiknya kamu cek dahulu apakah data kamu di Documents masih ada, sebab, belakangan hal yang hangat dibicarakan oleh pengguna Windows 10 di luar negeri sana adalah data yang terletak di Documents, Pictures, dan folder-folder yang berlokasi di Users/nama-user hilang begitu saja setelah update Windows 10 versi 1809 selesai.

Jika data-data kamu masih utuh disana, maka kamu patut bersyukur. Pasalnya, banyak pengguna yang sudah terlanjur update Windows 10 ke versi 1809 yang tersedia bulan Oktober ini kehilangan data-data mereka yang tersimpan di folder Documents, bahkan salah satu bule di luar sana kehilangan data-data yang jumlahnya mencapai 220GB guys! Gimana nggak pusing tujuh keliling coba?

Image via pixabay.com

Microsoft sendiri dikonfirmasi belum memberikan solusi yang memuaskan para pengguna terkait update Windows 10 1809 ini bagi user yang terlanjur kehilangan data-data penting mereka yang bahkan sudah dikumpulkan selama bertahun-tahun malah lenyap begitu saja. Microsoft sendiri mengkonfirmasi bahwa mereka sedang melakukan investigasi atas kejadian mengerikan tersebut.

Jika kamu kebetulan menggunakan Windows 10 yang baru saja diupdate ke versi 1809 Oktober ini dan menemukan folder kosong di Documents mu padahal sebelumnya banyak file disana, maka solusi yang bisa aku berikan (dan berhasil dicoba oleh beberapa orang yang mengalami kehilangan data), yaitu menggunakan aplikasi bernama Recuva yang bisa diunduh di website CCleaner.

Image via pixabay.com

Namun, solusi tersebut bukan jaminan data akan kembali seperti sedia kala dan hingga saat ini belum ada solusi resmi yang diberikan oleh Microsoft akan update versi 1809 yang berbahaya tersebut. Well, jika data-data kamu di my documents hilang, maka tidak ada salahnya mencoba menggunakan aplikasi Recuva yang bisa diunduh di website resminya berikut ini sembari menunggu solusi dan pengumuman resmi dari Microsoft.