proses loading windows 10

Cara Mengatasi Windows Restart saat Booting

Menurut pengalaman Saya, penyebab Windows restart saat proses booting bermacam-macam. Bisa dipicu oleh hardware yang rusak, atau hanya karena kerusakan Windows saja. Kerusakan hardware biasanya ditandai dengan komputer yang tidak selalu gagal booting, kadang lancar saat masuk Windows, kadang restart setelah startup. Sedangkan kerusakan Windows biasanya ditandai dengan komputer akan terus menerus restart dan tidak bisa masuk Windows sama sekali.

proses loading windows 10

Cara mengatasi Windows yang gagal booting atau sering restart setelah selesai startup dibawah ini Saya tulis berdasarkan pengalaman Saya. Saya akan memberikan solusi dari sisi hardware dan dari sisi Windows. Semoga solusi dibawah ini berhasil Anda terapkan pada komputer Anda yang bermasalah.

Namun jika masih belum berhasil, maka mari kita diskusikan di kolom komentar. Berikut cara mengatasi komputer Windows yang restart saat booting berdasarakan penyebabnya.

Penyebab Umum & Solusi Windows Restart saat Booting

1. Windows Bermasalah
Windows yang terus menerus restart saat booting kemungkinan paling pasti dikarenakan oleh sistem operasi yang bermasalah. Ada dua solusi yang biasanya Saya pakai, yaitu menggunakan System Restore Windows dengan cara masuk Safe Mode terlebih dahulu kemudian melakukan System Restore. Yang kedua adalah dengan instal ulang Windows.

fitur system restore windows 10

2. Driver Hardware Tidak Cocok
Hal ini biasanya terjadi jika kita baru saja menginstall driver dan ternyata driver tersebut tidak cocok. Hal ini umum terjadi pada Windows versi lama. Setelah selesai instalasi driver VGA atau audio, komputer selalu restart setelah selesai loading Windows.

Belum pernah Saya temukan kendala booting seperti ini pada Windows 10. Solusi yang biasa Saya terapkan adalah uninstall terlebih dahulu driver hardware melalui Safe Mode kemudian instal ulang driver dengan versi terbaru.

3. Power Supply Rusak
Komputer yang kekurangan daya juga sering menjadi pemicu Windows selalu restart saat booting. Jika power supply PC Anda sudah bertahun-tahun dipakai, maka asupan daya kemungkinan tidak seperti dahulu lagi dan menyebabkan Windows gagal booting karena komputer kekurangan daya.

Cara mengatasi hal ini tentu saja harus mengganti power supply dengan yang baru. Namun kerusakan power supply ini seringkali sulit dideteksi karena komputer tidak selalu restart, hanya kadang-kadang.

power supply komputer

4. Hardisk Bad Sector
Akibat dari hardisk yang mengalami bad sector tidak hanya Windows yang tidak mau booting, namun komputer malah berhenti saat proses booting, atau kadang stuck saat loading windows. Dalam beberapa kasus, ditandai dengan keluarnya bunyi aneh dari hardisk.

Solusi satu-satunya untuk masalah hardisk bad sector adalah penggantian hardisk. Namun, sebelum melakukan penggantian, ada baiknya untuk mengecek kondisi hardisk dengan HDSentinel. Jika software mendeteksi ada masalah fisik pada hardisk, maka bisa dipastikan hardisk harus diganti.

hardisk bad sector

5. Hardisk Tidak Terdeteksi
Untuk melakukan pengecekan hardisk didekteksi oleh komputer atau tidak, bisa lewat BIOS. Untuk masuk menu BIOS, bisa berbeda-beda di setiap komputer atau laptop. Tergantung merk motherboard PC atau laptop yang Anda gunakan.
Jika bios tidak mendeteksi adanya hardisk di komputer Anda, maka ada dua kemungkinan, kabel data hardisk rusak, atau hardisk-nya yang rusak. Tidak hanya restart saat booting, namun hardisk yang tidak terdeteksi akan berhenti saat proses booting.

Solusinya adalah dengan membongkar komputer dan melakukan pengecekan. Namun tidak disarankan jika Anda belum berpengelaman dalam troubleshooting hardware komputer.

tampilan bios komputer award software

6. RAM Kotor
Memori RAM juga sering menjadi penyebab Windows restart terus saat booting. Pembersihan RAM biasa Saya lakukan dengan membongkar komputer. Namun tidak disarankan bagi Anda yang belum pernah melakukannya.

ram komputer